Senin, 08 Mei 2023

UANG 5 SHILINGS KING GEORGE

2 komentar:

  1. George VI (Albert Frederick Arthur George; 14 Desember 1895 - 6 Februari 1952) adalah Raja Britania Raya dan Dominion Persemakmuran Inggris dari 11 Desember 1936 hingga kematiannya. Dia adalah Kaisar India terakhir dan Kepala Persemakmuran pertama.

    Dikenal sebagai Albert sampai pengangkatannya, George VI lahir pada masa pemerintahan nenek buyutnya Ratu Victoria, dan dinamai menurut nama kakek buyutnya Albert, Pangeran Permaisuri. Sebagai putra kedua Raja George V, dia tidak diharapkan untuk mewarisi tahta dan menghabiskan masa mudanya di bawah bayang-bayang kakak laki-lakinya, Edward. Dia kuliah di perguruan tinggi angkatan laut saat remaja, dan bertugas di Royal Navy dan Royal Air Force selama Perang Dunia Pertama. Pada 1920, dia diangkat menjadi Adipati York. Dia menikahi Lady Elizabeth Bowes-Lyon pada tahun 1923 dan mereka memiliki dua putri, Elizabeth dan Margaret. Pada pertengahan 1920-an, dia menjalani terapi wicara untuk gagap, yang tidak pernah dia atasi sepenuhnya.

    Kakak laki-laki George naik tahta sebagai Edward VIII setelah kematian ayah mereka pada tahun 1936. Namun, belakangan pada tahun itu Edward mengungkapkan keinginannya untuk menikah dengan sosialita Amerika yang bercerai, Wallis Simpson. Perdana Menteri Inggris Stanley Baldwin menasihati Edward bahwa karena alasan politik dan agama dia tidak dapat menikahi wanita yang diceraikan dan tetap menjadi raja. Edward turun tahta untuk menikah, dan George naik tahta sebagai raja ketiga House of Windsor.

    Selama pemerintahan George, pecahnya Kerajaan Inggris dan peralihannya ke Persemakmuran Bangsa semakin cepat. Parlemen Negara Bebas Irlandia menghapus penyebutan langsung raja dari konstitusi negara pada hari pengangkatannya. Tahun berikutnya, konstitusi Irlandia yang baru mengubah nama negara menjadi Irlandia dan menetapkan jabatan Presiden. Sejak 1939, Kekaisaran dan Persemakmuran - kecuali Irlandia - berperang dengan Nazi Jerman. Perang dengan Italia dan Jepang terjadi masing-masing pada tahun 1940 dan 1941. Meskipun Inggris dan sekutunya akhirnya menang pada tahun 1945, Amerika Serikat dan Uni Soviet bangkit sebagai kekuatan dunia yang unggul dan Kerajaan Inggris menurun. Setelah kemerdekaan India dan Pakistan pada tahun 1947, George tetap menjadi raja kedua negara tersebut, tetapi melepaskan gelar Kaisar India pada bulan Juni 1948. Irlandia secara resmi mendeklarasikan dirinya sebagai republik dan meninggalkan Persemakmuran pada tahun 1949, dan India menjadi sebuah republik di dalam Persemakmuran. tahun berikutnya. George mengadopsi gelar baru Kepala Persemakmuran. Dia dilanda masalah kesehatan di tahun-tahun terakhir masa pemerintahannya. Ia digantikan oleh putri sulungnya, Elizabeth II.

    BalasHapus
  2. uang ini dicetak oleh pemerintah arfika dengan pecahan 5 shillings terbuat dari bahan perak dengan kadar 80 persen dan berat 28 gram

    harga uang SPESIAL EDITION Ini hanya 1 juta

    Tertarik???

    Hubungin : 089-999-26-779

    Siap kirim keluar kota

    BalasHapus