Senin, 19 Oktober 2015

BUKU TENTANG SEPEDA ONTHEL

2 komentar:

  1. Buku ini merangkum segala memori-memori indah pada masa kejayaan sepeda onthel. Dalam buku ini membahas banyak hal-hal yang mungkin belum kita ketahui mengenai sepeda “legendaris” ini. Diawali dengan puisi ciptaan Sindhunata yang menjelaskan bahwa sepeda onthel merupakan “sepeda cinta”. Dipaparkan dengan bahasa yang khas menjadi ciri tersendiri puisi ini. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai sejarah sepeda. Dimana sepeda pada mulanya masih berbentuk sederhana dan terbuat dari kayu hingga menjadi sepeda seperti pada masa kini. Pada bab selanjutnya buku ini menjelaskan beberapa macam merk-merk terkenal sepeda onthel pada masanya yaitu Fongers, Simplex, Gazelle, Batavus, Veeno, Hobbs, Humber, Triumph, Raleigh, Sunbeam, Schwinn, Brooks, dan Sturmey archer. Pembahasan mengenai sejarah perusahaan merk-merk tersebut tak lupa dipaparkan. Tak hanya itu, cerita pengguna dan cerita pendek yang memiliki banyak makna hidup melengkapi buku ini. Kemudian di buku ini terdapat berbagai jenis onderdil, contohnya yaitu setang, tutup rantai, pedal, dan lain-lain. Aksesoris juga turut dibahas, dimulai dari bel, lampu sepeda, sadel, hingga tempat menaruh sepeda. Iklan berbagai produk sepeda onthel pada masa lalu juga turut ditampakkan pada bab khusus iklan. Dan yang terakhir di buku ini adalah berbagai macam koleksi sepeda onthel dari Paguyuban Onthel Djogjakarta yang cukup unik dan menarik.


    Banyak kelebihan yang dimiliki oleh buku ini. Pertama, buku ini dibuat dari bahan kertas yang berkualitas baik dengan cover buku yang sangat menarik. Halaman-halaman yang dilengkapi dengan warna membuatnya menjadi lebih menarik. Kedua, komposisi gambar ilustrasi dan banyaknya tulisan tersusun dengan rapi dan seimbang antara kedua unsur tersebut. Sehingga memungkinkan pembaca tidak merasa jenuh ketika membaca buku ini. Ketiga, pemakaian bahasa tempo dulu pada beberapa pembahasan menjadi nilai tambah tersendiri pada buku ini. Tetapi, kurangnya penjelasan mengenai jenis-jenis daripada sepeda onthel menjadi kekurangan dari buku ini.


    Tetap dikenang dan dilestarikannya “sepeda cinta” ini adalah inti utama dari dibuatnya buku ini. Jangan sampai kesalahan terulang, yaitu direbutnya kebudayaan yang kita miliki akibat tidak adanya kepedulian untuk melestarikannya. Kesadaran akan pentingnya peninggalan budaya, mampu menjadi bekal untuk melestarikan sepeda onthel yang “legendaris” ini. (Giffari Ramadhan)

    buku ini sanggat bagus sekali untuk mengetahui semua sepeda onthel yg pernah digunakan di indonesia terutama sepeda onthel jaman President Soekarno..

    harga buku ini hanya 250 ribu

    Tertarik?

    Hubungi : 089-999-26-779

    ditunggu teleponnya, minimal sms deh

    siap kirim ke luar kota

    BalasHapus
  2. Salam Mas.
    Buku asal atau versi buku fotokopi'Pit Onthel' tsb masih ada berjualan?
    Mohon hubungi saya, terima kasih.

    BalasHapus