Minggu, 07 September 2014

KOIN GOBOG DINASTY QING "TEMUAN"

2 komentar:

  1. SURABAYA POST – Ribuan keping uang koin kuno, diperkirakan berusia ratusan tahun, ditemukan di Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang. Koin kuno ini diperkirakan peninggalan Dinasti Ching dan Dinasti Ming yang berkuasa pada abad ke-13 hingga abad ke-16.

    Uang koin kuno berbahan tembaga dan kuningan itu berbentuk bulat sebesar uang logam Rp 500. Pada bagian tengahnya berlubang segi empat. Di salah satu sisinya tertera huruf China. Ribuan keping uang koin kuno itu secara keseluruhan diperkirakan berbobot 50 kilogram karena saking banyaknya jumlah koin.

    Ribuan keping uang koin kuno yang terkubur tanah itu ditemukan dua petani Desa Pujon Kidul pada Kamis (23/9) sekitar pukul 17.30 di pekarangan belakang rumah mereka. Mereka adalah Suliono, (40) dan Masrukan (55), warga RT 10 RW 06, Desa Pujon Kidul.

    Menurut Suliono, sebelum menemukan koin kuno itu dia dan Masrukan membersihkan rumput pada tebing di pekarangan rumahnya. “Saat saya mencabut rumput di tanah yang posisinya di dataran agak tinggi, tahu-tahu tanah di atas rumput yang saya cabut ambrol dan berongga. Di dalamnya terlihat kepingan koin yang tertimbun tanah,” cerita Suliono, Jumat (24/9).

    Melihat hal itu, Suliono dan Masrukan terus menggali rongga dalam tanah itu. Hasilnya, banyak koin kuno yang juga ia temukan. Tanah pekarangan itu baru dibeli Masrukan dari tetangganya seharga Rp 28 juta dan baru dibayar Rp 14 juta. “Entah kebetulan atau tidak, saya kekurangan uang untuk melunasi pembelian tanah saya. Tahu-tahu menemukan koin kuno ini,” kata Masrukan.

    SUMBER http://nasional.news.viva.co.id/news/read/179640-ribuan-koin-china-kuno-ditemukan-di-pujon

    BalasHapus
  2. TERTARIK???

    HUBUNGIN SAYA DI 089-999-26-779

    BalasHapus