Selasa, 06 Februari 2018

TEMPAT OBAT DUKUN BATAK KUNO

1 komentar:

  1. Kategori: Ornamen
    Elemen Budaya: Ornamen
    Provinsi: Sumatera Utara
    Asal Daerah: Batak

    Parhalaan adalah kelender yang digunakan untuk menentukan hari baik dan hari buruk. Suku Batak tidak membuat kegiatan tertentu tanpa Parhalaan. Digunakan oleh Datu "Dukun " dalam menentukan hari dilakukannya upacara tertentu, perjalanan, dimulainya perang, dan juga membaca hari kelahiran bayi. Kalender Batak sendiri terdiri dari 12 bulan berdasarkan bulan.

    Sejak zaman dahulu orang batak sudah mengetahui perjalanan bulan dan bintang setiap harinya. Parhalaan Batak adalah cerminan pane nabolon hukum alam terhadap setiap manusia.
    Apa yang akan terjadi besok, kelak menjadi apa anak yang baru lahirkan , bagaimana nasib seseorang, barang hilang serta langkah yang baik bagi orang Batak sudah merupakan kebiasaan pada zaman dahulu kala demikian halnya dalam mengadakan pesta ritual segalanya lebih dahulu membuka buku parhalaan (Buku Perbintangan).

    kalender batak ini terbuat dari Tulang Iga Kerbau Air yang terdapat di Danau Toba. pada sisinya terdapat Motif Hewan Burung serta simbol-simbol Mistis yang hanya bisa dipahami oleh beberapa orang tertentu.

    biasanya digunakan utk menentukan hari bebagai upacara adat, seperti waktu panen, hari perkawinan, mendirikan Rumah, mengadakan perjalanan. terbuat dari kayu pilihan dan tulang kerbau iga untuk bagian tengahnya "kalender" serta dihiasi Askara Batak Kuno simbol lingkaran seperti Matahari, dan simbol lainnya serta MANTERA-MANTERA utk KESEMBUHAN pasien

    tempat obat ini digunakan oleh dukun untuk menyimpan Obat pada saat itu...

    sanggat cocok dijadikan hiasan Rumah atau yang percaya dapat digunakan sebagai tempat obat sesuai dengan fungsi utama yang digunakan dukun batak kuno.

    HARGA HANYA 1 JUTA

    TERTARIK???

    HUBUNGIN 089-999-26-779

    DITUNGGU TELEPONNYA, MINIMAL SMS DEH

    SIAP KRIM KE LUAR KOTA.

    SALAM BUDAYA

    BalasHapus