Jumat, 25 Agustus 2023

BARANG ANTIK OPIUM JAMAN PENJAJAHAN BELANDA "SUPER LANGKA"

1 komentar:

  1. JADILAH SAKSI SEJARAH dimana opium pernah di legalkan di indonesia di jaman penjajahan belanda..

    Sejarah panjang perdagangan Candu di Nusantara menjadi bagian penting dari perjalanan sejarah Indonesia. Pada masa Hindia Belanda, candu menjadi salah satu alat pengendali ampuh masyarakat Indonesia. Selain cara militer, candu menjadi senjata pembodohan secara tersistematis masyarakat Indonesia pada masa Hindia Belanda. Keuntungan perdagangan candu dinikmati oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk memperpanjang masa kekuasaannya di Nusantara. bahkan untuk melakukan perdagangan opium VOC menyewakan tanah partikelir (beserta penduduknya), menjual pajak borongan, menyewakan monopoli opium, dan sebagainya. (Robert Cribb. 2000.Historical Atlas of Indonesia.)

    Di Pulau Sumatera sendiri, perdagangan candu lebih terkonsentrasi di daerah-daerah di sekitar selat MalakaDi Riau, Belanda dan yang Dipertuan muda kemudian mengangkat pamannya, Sultan Badrul alam Syah II menjadi Sultan Riau ke-empat (1857-1883). Ia dibantu oleh yang Dipertuan muda IX Raja Haji Abdullah (1857-1858). Selama masa pemerintahannya, Daik bertemu dengan kemakmuran yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sultan meningkatkan perekonomian lokal dengan mendorong budidaya padi dan persiapan opium. Dia juga dimiliki armada kecil untuk mempromosikan hubungan perdagangan. Ia memperkenalkan sagu dari Maluku kepada masyarakat setempat yang ia yakini sebagai pengganti yang lebih baik daripada beras sebagai makanan pokok, karena beras hanya dapat dipanen setahun sekali.

    dahulu madat di perdagangkan dan di hisap secara bebas termasuk alat penghisap yang dipakainya dari berbagai bahan dan ragam bentuk yang dibuat berdasarkan kelas sosial para pemakainya.

    Ini adalah alat opium jaman penjajahan belanda.. dan biasanya dipakai oleh KAUM BANGSAWAN, ataupun orang kaya raya.

    terdapat gambar dewa di bagian alat candunya.

    ukuran besar dan ada Rantai buat taruh di kantong ataupun jas..

    masih berfungsi dengan baik

    harga hanya 2.3 juta rupiah

    Tertarik??

    Hubungin : 089-999-26-779

    siap kirim ke luar kota.

    BalasHapus