Jumat, 25 Januari 2013

TERAKOTA MAJAPAHIT... "MURAH"

3 komentar:

  1. Jejak sejarah kerajaan Majapahit tersebar pada tinggalan-tinggalannya yang ditemukan di Mojokerto, Jawa Timur. Ada banyak artefak yang dapat menjelaskan banyak hal termasuk mengenai kehidupan ekonomi masyarakat. Terakota, misalnya, atau kerajinan tanah liat era Majapahit. Seni Terakota adalah satu karakter budaya pada masa Majapahit yang cukup terkenal dan banyak diketemukan. Hasil seni ini diketahui dari tinggala-tinggalan yang diketemukan baik yang berbentuk arca, bak air, jambangan, vas bunga, hiasan atap rumah, genteng, dinding sumur (jobong), kendi, atau celengan. Terakota Majapahit dibuat sekitar di abad 13 hingga abad ke 15. Artefak gerabah terakota dari periode ini ditemukan di Trowulan, Jawa Timur.
    Selama bertahun-tahun terakota patung dan artefak telah ditemukan. Beberapa temuan dimuseumkan di Trowulan sebelum Perang Dunia II, tetapi sangat disayangkan dalam tahun-tahun berikutnya banyak koleksi ini telah hilang. Pasca PD II banyak potongan-potongan telah digali sebagai hasil dari pencarian Harta Karun. Setelah tanaman telah dipanen oleh Petani, Mereka menyewakan tanah mereka untuk penggali yang menggali lubang pendulangan tanah aluvial untuk mencari harta karun.
    Saat ini, Museum Trowulan dan Museum Nasional Indonesia menjadi tuan rumah koleksi besar seni terakota Majapahit.

    BalasHapus
  2. Kata terakota berasal dari kata Latin yang berarti bumi terbakar. Saat ini kata tersebut mengacu pada semua benda berbahan tanah liat merah. Sebagian besar penelitian arkeologi di daerah tersebut banyak mengfokuskan pada rekonstruksi dari reruntuhan yang ada. Sejauh ini, di Jawa Timur tidak ditemukan tempat atau alat pembakaran, sebagian besar objek relatif menggunakan pembakaran bersuhu rendah. Ini menunjukkan bahwa pengrajin pada masa itu bekerja dengan metode gerabah. Mereka mungkin bekerja dengan cara yang mirip dengan yang digunakan saat ini di Kasongan, dekat Yogyakarta dan satu di Bali, di mana patung-patung dijemur dengan bantuan sinar matahari, Kemudian sekam padi dan jerami yang menumpuk atas patung dibakar, untuk mencapai obyek lebih keras pembakaran ini diulang.

    BalasHapus
  3. INI DITEMUKAN SAAT PENGGALIAN... SAYA MENJUAL SEMUANYA "BORONGAN" HANYA 800 RIBU RUPIAH..

    ADA 9 JENIS...

    TERTARIK?? SEGERA TELEPON SAYA DI 089-999-26-779. DITUNGGU TELEPONNYA YAH. MINIMAL SMS DEH. SIAP KIRIM KE LUAR KOTA.

    BARANG DIJAMIN ASLI 100 PERSEN

    BalasHapus